Pages

Rabu, 11 Januari 2012

Ketika Sarah Palin Dikerjai Orang Radio

Selamat datang di dunia radio, Tante Sarah Palin! Calon wakil presiden Amerika dari Partai Republik ini diberitakan tertipu mentah-mentah oleh dua orang komedian radio terkenal di Quebec, Kanada, Marc-Antoine Audette dan Sebastien Trudel. Dua orang ‘gila’ ini mengaku sebagai Presiden Perancis Nicolas Sarkozy dan ternyata Sarah Palin percaya mentah-mentah.
Dalam rekaman sekitar 6 menit (link untuk mendownload bisa anda temui di akhir artikel ini), nampak sekali betapa cawapres Amerika ini sama sekali tidak ada rasa curiga. Padahal kalau mau lebih teliti, si Sarkozy palsu ini beberapa kali memberikan informasi yang asal-asalan. Misalnya aktor terkenal Kanada disebutnya sebagai penasehat khusus untuk Amerika dan masih banyak lagi yang bisa anda dengarkan di rekaman itu. Lebih gila lagi karena presiden gadungan ini juga bercerita tentang bagaimana istrinya sangat ‘panas’ di ranjang, dan Palin tidak curiga.
Audette dan Trudell memang pakarnya dalam hal acara tipu menipu di radio ini. ‘Korban’ mereka juga kelas berat, termasuk diantaranya Mick Jagger, Britney Spears, Celline Dion, Bill Gates dan Presiden Jacques Chirac.. Gila!
maskedav.jpgSebagai orang radio, banyak pelajaran yang bisa kita petik dari mereka. Pelajaran terpenting dari kedua komedian ini menurut saya adalah keseriusan dalam mengerjakan program radio mereka. Nampak sekali disini betapa Show Prep alias persiapan pra-siaran sangat penting. Kepada sebuah media di Kanada sana, keduanya misalnya mengaku bahwa aksi terhadap Sarah Palin ini merupakan yang paling sulit. Mereka harus melakukan puluhan telepon, bahkan sampai harus melalui pemeriksaan dari Secret Service, alias Paspampresnya Amerika yang memang sudah ditugaskan mengawal para capres dan cawapres. Menurut pengakuan Trudell di BBC (link ada di akhir artikel) mereka memerlukan waktu 5 hari untuk bisa mendapatkan Sarah Palin. Ini menunjukkan betapa seriusnya mereka untuk sebuah acara ‘bercandaan’ seperti ini.
Di Indonesia sendiri sebenarnya sering ada acara-acara model begini. Yang paling umum adalah mengerjai orang di telepon biasanya untuk acara ucapan ulang tahun. Tapi dari yang saya pernah dengar, tidak ada yang benar-benar bisa disebut ‘memorable’ atau berkesan. Bisa jadi karena persiapan yang kurang atau si ‘penipu’ yang kurang meyakinkan. Padahal kalau dikerjakan lebih serius, tentu hasilnya maksimal.
Eits, bukan berarti saya mengajak anda kawan-kawan produser dan penyiar radio untuk juga menelpon Pak SBY atau Jusuf Kalla atau politisi lain dan mengerjai mereka lho. Walaupun seru juga membayangkan Jusuf Kalla dikerjai di udara haha..
Sekali lagi, kata kuncinya adalah Show Prep atau persiapan pra-siaran yang harus matang dan terencana, kalau perlu sampai ke detik-detilnya sekalipun. Jangan pernah sekali-kali menganggap bahwa mentang-mentang acara anda ini hanya acara becandaan, lantas anda menganggap remeh unsur persiapan menjelang siaran. Memang biasanya persiapan pra-siaran kita akan maksimal jika dibantu oleh produser tapi buat radio yang dananya pas-pasan untuk memiliki produser, bukan berarti sang penyiar punya alasan untuk tidak memaksimalkan persiapan mereka dong..
Jadi, mau ngerjain siapa di udara besok? hahahaha!!

0 komentar:

Posting Komentar