Pages

Rabu, 11 Januari 2012

INOVASI

INOVASI
Ketika kita sudah merebut hati pendengar, maka waktunya untuk menjaga supaya mereka (dan juga kita) tidak bosan. Caranya; Lakukan inovasi, buat hal-hal baru dalam siaran anda, buat sesuatu yang berbeda.
Bagaimanapun ketika semua radio punya acara kirim-kiriman, anda harus berusaha menciptakan sesuatu yang menonjol, yang berbeda, tapi selalu ingat untuk melakukannya dengan melihat dari sudut pandang pendengar.
Jangan mentang-mentang sudah merasa banyak pendengar, tiba kita, misalnya, tidak mau kalah dengan acara pagi dan sore, lalu ikut menghadirkan wawancara dengan pengamat politik tentang peristiwa terkini. Biar sajalah itu untuk porsi acara-acara talk show. Tapi kenapa tidak, misalnya anda hubungi orang-orang terkenal dan minta mereka untuk cerita tentang lagu kesukaan mereka.. BBC punya acara seperti ini dan laris manis sampai puluhan tahun.
Ada lagi sebuah radio yang justru mengirimkan penyiarnya siaran di jalanan, menemui pendengar di jalanan, mengajak mereka ngobrol di udara dan lain sebagainya. Ini juga sebuah cara yang menarik.
Cara serupa juga dilakukan oleh radio lain yang pas jam makan siang selalu rajin keluar menelusuri tempat-tempat makan terkenal dan dari situ mengudarakan permintaan-permintaan lagu dari para pembeli sekalian menginformasikan tempat-tempat makanan menarik.
Ada banyak cara untuk menciptakan inovasi dalam acara kirim-kiriman kita dan saya yakin orang radio pasti lebih tahu siapa pendengar masing-masing baik dari segi usia, ekonomi, pendidikan, kebiasaan dan lain sebagainya. Kembangkanlah kreatifitas kita dalam berinovasi dari situ, dari sudut pandang pendengar.
Yang lebih menarik adalah karena acara kirim-kiriman lagu ini sering menjadi semacam laboratorium untuk menggodok lahirnya acara-acara dan penyiar-penyair baru..

0 komentar:

Posting Komentar