Pages

Rabu, 11 Januari 2012

Ini Jaman Konvergensi, Bung..!

Ini Jaman Konvergensi, Bung..!
Konvergensi! Kata-kata itu menjadi sedemikian sakti beberapa tahun terakhir ini. Inilah jaman ketika berbagai produk media yang berbeda-beda digabungkan menjadi satu produk yang memiliki kekuatan dari masing-masing produk yang digabungkan itu dan mengubah cara kita mengkonsumsi media. Era kemajuan internet dan multimedia adalah pemicunya.
Radio pun ikut terimbas secara luar biasa. Salah satunya adalah sifat ‘sekali dengar ‘ yang dulu membedakan media radio dengan surat kabar. Tapi era konvergensi kini memungkinkan siapapun untuk juga meng’klipping’ sebuah acara radio –bak menyimpan sebuah guntingan surat kabar– untuk didengarkan di lain waktu saat ada masa luang. Namanya podcasting.
BBC adalah jajaran radio internasional pertama yang memeluk era konvergensi media ini bahkan sempat tersiar kabar bahwa mereka tengah melakukan perombakan besar-besaran dalam organisasinya gara-gara konvergensi ini.
Radio Singapura Internasional sendiri tidak ketinggalan. Mereka mengejar era konvergensi dengan caranya sendiri. Hanya dalam waktu sekitar satu tahun angka pendownload atau pengunduh podcast program-program mereka melonjak drastis bahkan mampu bersaing dengan radio-radio FM yang juga berada di bawah payung Mediacorp, induknya kebanyakan radio di Singapura.
Banyaknya pendengar RSI yang berbasis di desa-desa dan jauh dari teknologi informasi juga bukan penghalang. Menyadari infiltrasi telepon seluler yang sudah sedemikian besar di Indonesia, misalnya, kami di RSI mencoba mengajari pendengar untuk berkirim email melalui MMS. Hasilnya, menjelang ‘kematian’ RSI, jumlah pengirim MMS juga melonjak pesat.
Omelan beberapa pendengar kami di desa-desa yang merasa dikesampingkan karena tidak punya komputer untuk berkirim email kami jawab dengan mengudarakan program tentang cara membuat email di warnet. Jumlah pengirim email pun membengkak. Bahkan ada rasa haru ketika saat siaran terakhir kami, ada seorang pendengar bercerita bagaimana ia mengayuh sepeda sejauh 3 kilometer ke warnet terdekat untuk bisa berkirim email yang terakhir kalinya. Terimakasih, kawan!

0 komentar:

Posting Komentar