Pages

Senin, 07 November 2011

cara melamar di dunia brocast

Bagaimana Caranya Ngelamar Kerja Di Dunia Broadcast?

Posted by foripori on May 23, 2011 in Tulisan Saya |
Sebenernya postingan ini, gw buat untuk menjawab pertanyaan agan2 di twitter yang nany, “Mbak.. gimana caranya biar bisa kerja di dunia tipi kayak mbak?”
So.. mungkin ini sekelumit saran dari saya. Semoga bermanpaad

Yang pertama: siapin CV
kalo ngelamar kerja tanpa CV itu ibarat tempe tanpa kedele. Walopun hal ini nggak berlaku buat orang2 yang emang udah expert di bidangnya, misalnya bos TV XXX direkrut sama TV YYY untuk jadi bos juga, ga bakal lagi ditanyain “Mana CV-nya?”, tapi udah langsung “Kapan bisa nempatin mejanya?”. Dunia memang kadang terlihat ga adil buat para freshgraduater, jangan berpikir muluk baru lulus udah langsung ditawarin kerja dengan posisi enak. Berpikirlah, bisa lulus dan makan enak.
Note: bikin CV yang simpel2 aja. tapi berbobot. ga usah deh masukin segala hal kayak “pernah kursus bahasa inggris taun 1999″ “pernah ikut seminar kecelakaan kerja” “pernah jadi juara masak pas lomba 17-an rt 5″ dan sejenisnya. Percaya ama gw men, ga bakal dibaca juga ama tukang interviewnya. (karena itu lah yg pernah gw lakukan, memasukkan pengalaman2 ga guna ke dalem cv.. damn!)
Yang kedua: ikutin tes
karena darimana perusahaan TV bisa menilai agan2 layak apa nggak jd karyawan perusahaan tsb, kalo agan2 ga ngikutin tes-nya?? Anak TK aja tau.
Siapin mental waktu mau tes. Kadang2 orang2 yang ng-interview kita tampangnya lebih horor daripada Kuntilanak Mau berak, atau bahkan lebih serem daripada dosen penguji srkipsi kita.. (helloooww.. skripsi?? lama sekali ga denger kata itu wkwkwkwk). Jadi sebelom ikutin tes-nya, rajin-rajin nonton film horor, biar kita terbiasa liat tampang-tampang yang kita aja suka ga berani menatapnya.
Yang ketiga: banyak-banyak doa
Sebenernya dari semua hal, gw rasa ini adalah faktor yang berpengaruh, at least buat gw. Emang sih gw ga menjamin, setiap orang yang berdoa lulus tes, dijamin lulus tes. Nggak juga. Tergantung rejeki. Gw nulis ini, supaya agan2 rajin berdoa ajah sama Yang Maha Kuasa. hehe.. mengajak pada kebenaran. Tapi percaya ama gw, berdoa itu..banyak gunanya..
Jadi gini, abis tes kita berdoa” “Ya Allah… luluskanlah aku dalam tes itu, biar bisa dapet kerja di TV XXX..”
Kalo ternyata lulus: “Alhamdulillah Ya Allah…”
kalo ternyata ga lulus, doa lagi: “Gapapa Ya Allah, moga2 saya masih bisa diterima di TV YYY”
kalo di TV YYY juga ga lulus, doa lagi: “Gapapa Ya Allah, moga2 di TV WWW masih bisa nerima saya..”
kalo ga lulus lagi, doa lagi: “Gapapa Ya Allah, Ijinkan saya jadi pegawai TV mana aja.. yang penting jadi karyawan tipi..”
well, mungkin beberapa bulan kemudian mungkin si pendoa ini diterima di TVRI Tenggarong… yang penting kan dapet..
Tapi kalo agan2 udah doa sampe jungkir balik ga dikabulin juga, mungkin agan2 harus… banyak2 beramal *klasik.. **langsung buka kotak amal ‘PEDULI FORI’

Sekedar sharing, gw sendiri masuk kerja di Trans 7 bulan Juni 2007, yang mana gw ikutan tesnya Desember 2006. Tanpa basic pendidikan di dunia broadcast, dengan pengetahuan minim tentang dunia pertelevisian, dan harus bersaing dengan 120ribu orang, dan yang pasti.. tanpa kenalan orang dalem. Well, butuh setengah taun untuk akhirnya dipanggil dan dinyatakan jadi karyawan percobaan di Transcorp. Setengah taun men, dimana gw sempet lupa kalo gw pernah ikutan tes masuk Transcorp sampe tahap 3, baru kemudian akhirnya dinyatakan lulus bersama 499 pendaftar lainnya setengah taun kemudian. Rejeki udah ada yang ngatur sih ya… bukan berarti 119.500 pendaftar yang ga diterima ga qualified, tapi mungkin mereka udah digarisin rejekinya di tempat laen.
Contoh kasus: waktu gw daftar tes Transcorp, gw dftar sama abang gw. TES 1 (pengetahuan umum), gw lulus, abang gw langsung gugur. 4 taun kemudian, gw masih jadi tim kreatif di Trans 7, abang gw sukses dagang gitar dan alat musik online (ada yang mau beli gitar original tapi murah banget? hubungi abang saya, namanya danis no telp nya 0813 1001 4002… *maap yah promo wakakakakak..)
Tapi kalo dipikir2, sebenernya dari jaman gw kuliah, tanpa gw sadar gw punya keinginan buat kerja di tipi, gw pengen jadi orang di balik layar. kalo dulu gw jadi penonton hore di suting acara2 metro tv (kick andy, debat presiden) yang gw liat bukan show acaranya, tapi malah mas2 yang megang kamera sama mas-mas yang punya buntut kabel dari belakang celananya (yang mana sekarang baru gw tau itulah yang disebut kameramen dan floor director).
Gw yakin itulah yang disebut Power of Mind: keinginan yang kuat + usaha + doa = tercapai.
Sumpah deh, ini tulisan cuman sharing, bukan bermaksud menggurui looh.. karena saya ga punya bakat jadi guru. jadi.. baca dalam sisi positip yak….

::foripori’s sharing::

12 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *
*
You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

0 komentar:

Posting Komentar